His Existence.

IMG_20170619_212504_088

Disclaimer: I’m going to write a ‘dark side’ about myself, jadi buat yg gak mau tahu dan cuma mau berspekulasi/ngejudge tentang diri gue sehabis membaca ini, mending diskip aja. Tapi ada pelajaran yg bisa diambil kok, so enjoy!

Even tho bukan pilihan pertama dan rencana utama gue, it’s still feel like a dream gue bisa lolos SBMPTN.
Mengingat perlakuan gue sebelumnya sempat termasuk ‘tidak taat’, masih banyak dosa, dan semacamnya. We’re all human made mistakes, dan gue rasa sebelum SBMPTN itu gue sempat melakukan dosa besar.
Because I was questioning God about His existence and keadilannya buat seluruh manusia. I was really fucked up that time, literally. Sekitar sehari tiga hari gabisa ga nangis, thinking about my surroundings, mikir kapan Tuhan bakal berbuat adil ke gue and make it all stop. Almost all day long all I did was tiduran ngeliatin langit-langit kamar dan ngerasa ‘hampa’. Karena I feel so tired about the situation that currently happen. Situasi yg menurut gue nggak pernah berubah dalam waktu lama, sehingga saat itu terbesit dalam pikiran gue, “Ngapain kalo gue terus-terusan taat kalo ujung-ujungnya selama ini ga ada yg berubah? Mana MahaAdilnya Allah?”

Gue tau itu parah. Banget. Meski gue tau apa yg harus gue lakuin (yaitu lebih bersyukur) tetapi nasihat-nasihat, kata-kata mutiara sampe ayat Quran pun jadi ga ada yg masuk akal buat gue.
I even argue about praying sama Ibu. Gue jadi males-malesan sholat dan berdebat tentang sholat sama Ibu sampe beliau marah (fyi aja, gue kalo sholat termasuk yg jaraaang banget buat diingetin karena biasanya sadar sendiri & ini Ibu sampe marah berarti emang parah bgt) (kalo nginget ini sedih😭). Buat masa kritis ini, gue berterimakasih banyak untuk Shofi dan Detta karena pas itu mereka ada untuk mendengarkan. Karena dengan mereka mendengarkan, mereka sangat membantu gue menemukan sendiri pertanyaan yg ‘berseliweran’ di pikiran gue heuheu.

Setelah ngeluarin unek-unek, nangis mulu macam anak labil diputusin pacar (untung pas itu udah libur), dan berusaha berpikir jernih… Akhirnya dalam waktu sebentar gue bisa tobat/healing kok. Habis itu udah pasti gue merasa bersalah banget. Meski tetep berusaha positive, tapi tetep aja sama SBMPTN ini gue gak berharap banyak.

Tapi Allah tetap berbaik hati mengabulkan harapan gue. Meski awalnya pas tau rencana gue gak kesampaian gue jd sempet bertanya-tanya lagi, tapi akhirnya gue mikir mungkin grgr kesalahan gue sebelumnya itu, Allah jd punya rencana lebih baik buat gue.
Tapi, hey, kurang baik apa Allah tetap mengabulkan permintaan hambanya yg khilaf dan banyak dosa? Dan ini udah impian lo banget loh, Nis; Yogyakarta dan Ilmu Komunikasi! At least meski rencana masuk UGM gak kesampaian, belum tentu rencana lo yg lainnya (jadi Jurnalis VOA, pembicara di TedxTalks, masuk di majalah Forbes, dan banyak lainnya) belum tentu gak bakal kesampaian, kan?

Dan rekasi Ibu pas beliau tau lo lulus SBMPTN precious, Nis… Gak pernah kan sebelumnya Ibu bilang langsung kalo beliau bangga sama lo dan kemudian nangis?

 

Jadi buat teman-teman gue semua, tolong banget jangan pantang menyerah. Mau se-fucked up apapun kalian, please habis itu bangkit dan bangun tekadnya lagi. Jangan pernah merasa sendiri atau merasa lo orang satu-satunya di dunia yang merasa kesedihan, kesengsaraan or something like that. Keep in your mind kalo Tuhan Maha Baik dalam segala hal. Dia selalu menerima tobat atas hambanya yang khilaf. Semakin sering kalian dikasih cobaan, Dia semakin membuat kalian menjadi makhluk yang lebih kuat. Rezeki kalian belum sampai aja, Dia mungkin masih ingin ngeliat seberapa taat kalian denganNya :)

Cheers!
AFA

Leave a Comment about my post below! Thankyou :)

