Ketika Writer’s Block (terus) Menyerang (lagi)

Hai blog!

Sebelumnya, minta maaf (lagi) udah seminggu ya, gue nggak ngepost disini. Berhubung agak sibuk sama pas banget hari Jumat kemarin gue jatuh sakit, so, gue dari sore sampe Sabtu pagi tidur bablas. Pun, kau tau hari Sabtu-Mingguku selalu sibuk oleh berbagai macam les dan bacaan.

Jadi disinilah gue kembali! Hohohoho. Alah kebanyakan panjang lebar.

Well, kali ini gue mau ngebahas tentang kiat-kiat gue menumpas Writer’s Block alias penyakitnya para penulis. Jeng-jeng-jeng….

image

Readers, tentu saja Writer’s Block nggak asing di telinga kita. Ketika kita ngalamin itu, jujur menurut gue, itu ada dalam posisi kasta terendah. Yaiyalah. Kita buntu, nyerah, bingung, dan lagi gak kreatif-kreatifnya.

Tapi, pada akhirnya kita pasti akan bangun dari ‘masa terpuruk’ itu. Dan Alhamdulillah, gue punya kiat sendiri supaya bisa bangkit dari posisi-kasta-terendah itu, seperti;

1. Do a little bit refreshing!

Ngelakuin apa yang kita suka, selain menulis tetapi, bisa membuat otak istirahat sebentar atau refreshing. Tapi, jangan yang berat-berat kayak nonton tv atau main game dan semacamnya. Itu malah makin memperberat kerja otak, seperti apa yang dibilang guru gue. Emang bener. Nonton TV dan main game kita dipaksa main memory. Setelah nonton dan main game, kita pasti capek dan tidur. Kemudian nulisnya nggak jadi-jadi. Sama aja, toh? Ngelakuin hal yang disuka ya hal yang ringan-ringan aja. Seperti mendengarkan musik slow, tidur sebentar, baca-baca buku, jalan-jalan keliling sebentar, dan masih banyak lagi. Setiap hobi orang kan, berbeda-beda. Tapi, saran aja kalo buat ngeredain writer’s block jangan refreshing dengan kerja berat (ngangkat beras, misalnya) *loh.

2. Do some little stretching

Ngelakuin sedikit stretching atau peregangan atau senam kecil atau yoga, juga bisa membantu, loh. Sekedar ngeregangin pinggan, tangan, kepala dan kaki aja. Kemudian jalan di tempat sebentar. Itu udah bisa membantu aliran darah ke seluruh tubuh stabil dan lancar lagi. Otak dan mata terasa kembali ‘menyala’ dan semangat kembali berkobar, yeay!

3. Minum, Ngopi, Ngeteh.

image

Ini yang paling ampuh dan disukai semua pasti. Minum air putih, kopi, teh, atau susu. Tapi, minumnya juga pelan-pelan. Seseruput-seruput, tenang tapi pasti *cailah. Ajak otak untuk beritme tenang sebentar. Sambil minum pasti kadang ada juga yang bengong. Nah, dari bengong itu juga kadang kita bisa berimajinasi, dan tadaaa, itu bisa dijadiin bahan cerita!

4. Take a time in your favorite place.

image

Nah ini juga paling ampuh. Pergi dan menghabiskan waktu berimajinasi atau bengong di tempat favorit kamu. Niatnya kesana jangan pengen banget buat dapet ide. Kamu langsung aja dateng ke tempat itu (yang harus sepi, pastinya) dan gali-gali lah ide disana. Dianjurkan membawa segelas kopi/susu/teh dan sebuah ipod (atau apapun itu yang suka buat kamu dengerin lagu). Tenang, sepi. Tarik nafas dalam-dalam. Jangan panik. Pejamkan mata.

Kalo tempat favoritnya di kamar mandi gimana?
Nggak usah bawa apa-apa, tentunya. Gue akui tempat gue buat berpikir tentang segalanya adalah di kamar mandi, khususnya di bawah shower.

image

Saran gue, pas kalian mandi, lama-lamain di bawah shower (bagi yang ada). Pejamkan mata kalian, dan nikmati setiap detik yang ada sambil kamu ngebayangin apa yang selama ini kamu mau dalam menulis. Biasanya sih, gue kayak gitu. Bagi yang gak punya shower gak masalah, kalian bisa minta tolong seseorang buat nyiram kalian (diluar rumah, disarankan) make selang dari keran. Simple, dan rasanya sama. Hemat. #AjaranAgakSesat.

5. Sing loud.

image

Pasang lagu favorit kamu (jangan yang slow, tapi), keraskan volume hampir mendekati maximum, nyanyi sesuka hati dan (kalo perlu) joget. Disarankan lagunya lagu yang musiknya pembangkit semangat atau beat. Bisa musik genre RnB, Pop, Country, Rock, dan Indie Rock juga bisa. Usahain kamu di kamar atau dirumah sendirian. Kamu nyanyi dan joget sepuasnya, pokoknya sampe kamu ngerasa lega dan puas! Tadaa, kamu bakalan semangat, dan biasanya bakalan ada ide muncul!

Yah, begitulah cara membasmi Writer’s Block versi gue. Semoga bermanfaat, dan berpengaruh buat kalian semua, ya. Mohon maaf jika yang terakhir agak sedikit nyeleneh, tapi itu bagi gue malah yang paling ampuh :p

Salam blogger,
AFA.

PS: Habis ini Afa berencana membuat postingan beruntun selama 7 hari dengan tema: “Seminggu Mengenal Annisa Finnuala”. Stay tune, ya! Terimakasih :)

(all photo credit to: weheartit.com)

Leave a Comment about my post below! Thankyou :)

