Hal-hal Kecil Tapi Membuat Bahagia

Hai, selamat liburan! Dan, ah ya, Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW!

Kali ini gue mencoba membahas sesuatu. Iya, tentang hal-hal kecil, yang kadang, bisa membuat sesorang atau malah kita sendiri merasakan sedikit kebahagiaan.

image

Well, gue akui, gue juga masih blogger amatir. Yaiyalah, masih labil dan tahun ini aja baru mau masuk SMA… Masih imut-imutlah istilahnya. /muntah/ Huahaha, tapi apa salahnya mencoba juga, sih..

Oke. Semua mengetahui bahwa sebenarnya bahagia itu sederhana. Tentu saja banyak yang bilang gitu. Memang benar. Hal-hal kecil yang terjadi di sekitar kita, sebenernya, kalo kita menilik lebih dalam lagi, menikmatinya, memperhatikannya, mensyukurinya, pasti kita bakalan merasa bahagia. Kayak misalnya;

1. Pas Hujan Turun

image

Jujur, ini semua orang pasti setuju. Hujan memang magis. Pas hujan, kita bisa ngerasain bahagia dan sedih jadi satu, terkadang.

Pas hujan banyak sebenarnya hal-hal asyik yang bisa kita lakukan. Kayak ngopi atau minum susu panas. Gak usah jauh-jauh dateng ke kedai kopi terenak dan terkenal. Cukup buat segelas kopi dirumah, duduk di teras, atau di dekat jendela, nikmatin kopi/susu tersebut sambil baca atau dengerin lagu. Itu menurut gue udah cukup.

Pas hujan pula, kita bisa mengambil beberapa obyek yang menarik. Gue juga bukan fotografer, sih, statusnya aja masih pelajar SMP. Tapi, hujan kadang jadi precious moment yang patut di foto, menurut gue. Kayak pas yang kata itu, Istana Presiden di Jakarta kebanjiran. Itu bener-bener termasuk precious, kan? Jarang-jarang loh, ada yang kayak gitu. Terus misalnya pas hujan di jalan raya, bisa juga ngambil obyeknya itu anak-anak ojek payung, yang pasti bawa payung warna-warni. Berjejer dan tersebar disana disini. Jujur, itu impian kecil gue. Hunting foto di Jakarta pas hujan. Apalagi, kalo pas malem hari.That’s gonna be my precious and amazing moment ever.

Meskipun kadang, hujan berdampak juga akan kebanjiran. Tapi.. Hey, kita mau salahkan siapa jika terjadi banjir? Hujan? Walikota? Atau malah Tuhan?
Dulu siapa yang sering buang sampah sembarangan? Maunya opo tho, sebenernya..
Tapi, kalo kita lihat dari sisi lain, banjir ada sedikit dampak baiknya juga, sih. Kita bisa saling membantu dan mempererat persaudaraan satu sama lain. Baksos jadi ada dimana-mana, kita jadi kayak saudara dan gak ada rasa sungkan. Lagipula malu lagi, kita tinggal di satu negara, sama-sama tinggal di tanah yang sama, air yang sama, udara yang sama, di pemerintahan yang sama, tapi tetep aja nggak ngebantu?

2. Membaca Buku Yang Menyenangkan

image

Ini juga termasuk hal kecil. Yaiyalah, cuma baca buku aja, kita udah bisa merasa bahagia. Apalagi, kalo jalan ceritanya tuh, keren. Terus, sang Penulis juga mendeskripsikan tokohnya tuh, ‘bisa banget’. Kita jadi kebawa suasana, dan kita pasti mengkhayal “Waah, tokohnya idaman banget yaa. Rambutnya bagus, emas bergelombang.. dan blablabla”. Apalagi, buku itu buku favorit. Kurang bahagia apalagi?

Kalo Buku yang biasa gue nikmatin buat ngehibur diri sih, biasanya tentang fantasi gitu. Kayak semacam Harry Potter dan The Hunger Games. Terus, saran gue bagi kalian yang suka baca buku fantasi, you guys really must to read karangannya Oliver Bowden; serial Assassins Creed sama The Fallen!

3. Nemuin Uang Di Tas/Kantong.

image

Well, ini emang bener-bener kebahagiaan! Siapa sih, yang nggak seneng, tiba tiba nemuin uang (entah itu kembalian atau sisa) di salah satu kantong baju? Gue aja nemu seribu udah seneng, yaiyalah, namanya juga anak sekolahan. Dan bakalan lebih seneng lagi, kalo kita emang bener-bener lagi dalam keadaan ‘butuh uang’ banget. Buat bayar hutanglah, buat jajanin temen, apalagi kalo kita lupa bawa duit ke sekolah…. Padahal kita butuh ongkos pulang sama makan siang.. (ini pernah kejadian). Siapa coba, yang gak bakalan bahagia mendadak?

4. Dipeluk Sama Ibu

image

And, well… Sesuai dengan foto diatas; “Happiness is a mother’s hug”. Yeah. Pelukan Ibu memang paling menenangkan, dan entah gimana bisa menumbuhkan rasa aman, damai, dan bahagia tiba-tiba. Itu juga pasti menurut pendapat semua orang. Apalagi kalo kita jauh dari Ibu… atau malah, Ibunya itu sudah nggak ada. Siapa sih, yang gak bakalan kangen? Apalagi, kalo kita banyak masalah. Baru aja sedih atau sakit hati. Kecapekan… Gara-gara banyak PR, sama ujian yang terus menerjang, Pasti bakalan kangen pelukan Ibu, kan? :’) /tiba-tiba menangis dipojokan/

Dan, yeah… Itu beberapa kenyataan hal-hal kebahagiaan kecil; yang sederhana dan ada disekitar kita. Kebahagiaan sebenernya bisa dan gampang dicari, nggak usah ditunggu. Tergantung kita; mau memilih bahagia apa enggak. Itu menurut buku/artikel yang pernah gue baca.
Mungkin pula, sebenarnya kebahagiaan kita adalah ‘seseorang’. Siapa yang tau?

Karena sesungguhnya, kadar kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda.

Jadi.. Segini dulu postingan gue. Kebetulan, hujan baru aja turun. Ngeblog sambil menikmati hujan itu termasuk kebahagiaan kecil gue, sejujurnya.

Selamat Sore, blog! Selamat menikmati hujan, dan kebahagiaan lainnya!

-AFA.

(all photo credit to: weheartit.com)

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. Nah ! Benar banget, bahagia itu sederhana ya :)

    1. annisafprl says:

      sangat sederhana sekali malah :D

  2. Sederhana itu dapat buat bahagia :)

    1. annisafprl says:

      bener banget :D

Leave a Comment about my post below! Thankyou :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s